Prinsip liburan dalam Islam

 

Siapa diantara kita yang tidak hafal surah Alam Nasyrah ?

Coba tulis dengan huruf Arab ayat yang artinya ” Lalu apabila engkau telah usai, maka segeralah bergiat kembali”. Saya yakin anda membunyikannya seperti ini bukan ?? ( Fa-idzaa Faraghta fan-shab). Pendek sekali bukan ??

Sependek itu mengandung makna yang sangat mendalam.

Kata (Faraghta) artinya : Enngkau selesai, tamat. Dalam bahasa jawa biasa disebut wes Bar, Lebar dari kata lebar iinilah orang Indonesia mengadaptasikannya menjadi Lebaran.

Lebaran sering diasumsikan sebagai saat liburan panjang, karena telah lebar puasa, luber pahala dan lebur dosa lalu merasa berhak melabur diri dengan pakaian baru.

Libur sering diidentikkan dengan nganggur dan ngeluyur yang membuat masa depan menjadi hancur padahal Allah menyatakan: Apabila sudah selesai yakni selesai dari suatu kegiatan positif, jangan nganggur tapi bergegaslah melakukan kegiatan positif yang lain.

Santri Al-Ma`had selalu dibekali dengan ceramah ayat ini menjelang liburan, semoga para santri dan orang tuanya bisa menjadikan ayat ini sebagai pedoman untuk kemajuan islam dan kaum muslimiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *